Nabi Ishaq Putra Dari

Nabi Ishaq Putra Dari

Peristiwa di Bukit Mina

Nabi Ibrahim dan Ismail bergegas menuju bukit Mina untuk menunaikan perintah Tuhan. Menurut Jerald F. Dirks (2006: 151), selama dalam tengah perjalanan menuju bukit, Ibrahim mengumpulkan beberapa potong kayu yang akan digunakan untuk membakar tubuh Ismail setelah disembelih. Sungguh suatu pemandangan yang sangat mengharukan, karena justru Ismail menawarkan diri untuk membantu ayahnya membawa potongan-potongan kayu yang akan digunakan untuk membakar jasadnya. Potongan-potongan kayu diikat lalu dipanggul Ismail di punggungnya. Ismail melakukannya dengan sadar.

Sampai di puncak bukit Mina, Nabi Ibrahim mempersiapkan upacara pengurbanan tersebut. Ismail pun turut membantu sang ayah membuat sebuah altar dan menyalakan api untuk membakar dirinya. Keduanya tetap kokoh pada pendirian bahwa apa yang mereka lakukan adalah perintah Tuhan. Tidak terbersit sedikit pun dalam hati kedua manusia terpilih ini dalam menjalankan perintah Tuhan.

Tibalah saatnya menyembelih Ismail. Nabi Ibrahim menggenggam pisau tajam untuk menyembelih putra kesayangannya. Sambil berbaring, Ismail menempelkan wajah dan dahinya di atas altar. Sampai pada saat pisau diayunkan ke arah tengkuk Ismail, keyakinan Nabi Ibrahim tetap kokoh. Tuhan pun menyatakan bahwa nabi-Nya telah lulus ujian sebagai bukti kepatuhan dan ketaatannya. Sebelum mata pisau menyentuh tengkuk Ismail, tangan Ibrahim terhenti di udara, bersamaan dengan datangnya seruan dari langit, “Hai Ibrahim, sesungguhnya kamu telah membenarkan mimpi itu! Sesungguhnya, demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata. Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar” (QS. Ash-Shaffat: 104-107).

Mendengar seruan dari langit, Ibrahim mengamati di sekelilingnya dengan air mata kebahagiaan tiada tara. Dia melihat seekor domba yang tersangkut tanduknya di semak-semak. Setelah melepaskan domba itu, Ibrahim meletakkan di atas altar sebagai kurban. Peristiwa pada malam di bukit Mina ini menjadi sejarah sakral yang diabadikan dalam agama Islam sebagai ritual kurban pada hari raya haji.

Kisah Putra Nabi Nuh as

Nabi Nuh as memiliki empat putra, yaitu Sam, Ham, Yafet dan Kan'an. Diantara mereka, Kan'an satu-satunya anak Nabi Nuh as yang mengabaikan ajakan ayahnya dan tidak mau beriman, yang akhirnya mendapatkan azab Ilahi berupa badai topan yang menenggelamkannya bersama dengan orang-orang kafir. [1]

Kisah putra Nabi Nuh as dalam Alquran sebagaimana tujuan dari kisah-kisah Alquran lainnya sehingga rincian kisah dan karakteristik khusus putra Nabi Nuh as tidak disampaikan secara detail. [2]

Satu-satunya penggambaran mengenai putra Nabi Nuh as dalam Alquran yaitu ketika badai topan telah dimulai dan putra Nabi Nuh as berada di luar bahtera. Menurut Alquran, Nabi Nuh as ketika mellihat putranya, ia segera mengajaknya untuk menaiki bahtera agar selamat namun putranya tersebut mengabaikan permintaan ayahnya dan berkata akan pergi ke puncak gunung yang disebutnya ia akan di tempat tersebut. Nabi Nuh as kembali mengajak putranya untuk naik ke bahtera dan berkata bahwa topan tersebut adalah azab dari Allah swt yang tidak ada yang akan selamat kecuali Allah swt menghendaki.

Kemudian gelombang air menerjang memisahkan keduanya, sampai pada akhirnya putra Nabi Nuh as tewas ditelan badai. [3]

Bantahan untuk Kaum Yahudi

Sebagaimana keterangan Muhammad Husain Haekal, sikap para rahib di kalangan kaum Yahudi yang bersikukuh bahwa putra Nabi Ibrahim yang pertama bukan Ismail, tetapi Ishaq, menjadi narasi historis yang diyakini kebenarannya hingga saat ini. Berdasarkan keyakinan kaum Yahudi, putra Nabi Ibrahim yang dikurbankan adalah sosok Ishaq—yang secara historis adalah putra Nabi Ibrahim dari istrinya yang bernama Sarah yang lahir setelah Ismail. Dengan narasi historis semacam ini, dapatlah diketahui bahwa dalam keyakinan kaum Yahudi, peristiwa penyembelihan suci itu bukan terjadi di bukit Mina.

Abdul Wahhab An-Najjar, dalam buku Qishash Al-Anbiya, berhasil membantah pendapat para rahib Yahudi berdasarkan argumentasi yang bersumber dari Taurat. Menurut An-Najjar, dalam Taurat disebutkan bahwa yang disembelih adalah putra Ibrahim satu-satunya. Penelitian Jerald F. Dirks (2006) berhasil mengungkap kesalahan pendapat para rahib Yahudi, bahwa sesungguhnya yang dikurbankan adalah Ismail, bukan Ishaq. Sebab, Ismail adalah putra Ibrahim yang pertama dari istri keduanya yang bernama Hajar. Sarah, istri pertama Ibrahim, belum juga hamil sewaktu Hajar melahirkan Ismail. Justru, Sarah hamil dalam usia sangat tua.

Masih menurut An-Najjar, kisah tentang penyembelihan anak tersebut, sebagaimana versi Taurat, terjadi di atas bukit Jeru-El. Secara bahasa, kata Jeru-El (Ibrani) berarti “Tuhan akan menyediakan.” Jeru-El inilah yang kemudian dikenal dengan bukit Mina. Para sejarawan, baik dari kalangan Yahudi maupun kaum Muslimin, telah sepakat bahwa Jeru-El adalah bukit Mina, yang letaknya sekitar 6 mil di sebelah timur kota Makkah. Dengan demikian, jelaslah bahwa kisah penyembelihan putra Nabi Ibrahim hanya berlaku untuk Ismail. Bukankah Sarah dan Ishaq tidak pernah ke Makkah? Jika para rahib Yahudi masih bersikukuh bahwa Ishaq adalah putra Nabi Ibrahim yang disembelih di bukit Jeru-El, maka itu suatu kebohongan besar!

© 2023 Pustaka Musik Asia

℗ 2023 Pustaka Musik Asia

Saepul Basri, M.Ed. *)

Ada hal yang menarik dari bagaimana kedua putra Nabi Ibrahim Alaihissalam disebutkan di dalam Al-Qur'an: Nabi Ishak disebut sebagai "Ghulaamun 'Alim" sedangkan Nabi Ismail disebut "Ghulaamun Halim". Kedua sebutan tersebut ('ALIM dan HALIM) memang mirip (di sini estetika sastra AlQur'an sangat terasa) tetapi jelas berbeda (sehingga maknanya menjadi distinktif dan presisi).

Alim berarti cerdas atau pintar sedangkan Halim lebih berarti taat, sabar dan rendah hati.

Kedua sebutan ini menjadi sangat relevan ketika dikaitkan dengan karakter yang diinginkan orang tua pada anak-anaknya. Semua kita sepertinya tidak akan dapat membantah bahwa kita tidak saja menginginkan putra-putri kita menjadi cerdas seperti Nabi Ishak tetapi juga harus berhati lembut seperti Nabi Isma'il.

Hal ini juga selaras dengan tujuan pendidikan di mana-mana, Timur maupun Barat. Kita ambil sebagai contoh misalnya tujuan-tujuan pendidikan yang termaktub dalam Deklarasi Melbourne yang menjadi acuan kebijakan pemerintah Australia dalam mengarahkan pendidikan nasional dan peran sekolah. Disebutkan bahwa tujuan pendidikan adalah untuk mewujudkan individu yang memiliki moral dan etika, berpengetahuan, berwawasan sosial dan bertanggungjawab. Moral dan etika adalah refleksi dari sifat Halim sedangkan pengetahuan adalah wujud dari sifat 'Alim.

Semoga kita dapat mengambil hikmahnya untuk diri dan anak-anak didik kita. Amin.

*) Penulis adalah Guru SMAN 1 Janapria - Lombok Tengah

Wir verwenden Cookies und Daten, um

Wenn Sie „Alle akzeptieren“ auswählen, verwenden wir Cookies und Daten auch, um

Wenn Sie „Alle ablehnen“ auswählen, verwenden wir Cookies nicht für diese zusätzlichen Zwecke.

Nicht personalisierte Inhalte und Werbung werden u. a. von Inhalten, die Sie sich gerade ansehen, und Ihrem Standort beeinflusst (welche Werbung Sie sehen, basiert auf Ihrem ungefähren Standort). Personalisierte Inhalte und Werbung können auch Videoempfehlungen, eine individuelle YouTube-Startseite und individuelle Werbung enthalten, die auf früheren Aktivitäten wie auf YouTube angesehenen Videos und Suchanfragen auf YouTube beruhen. Sofern relevant, verwenden wir Cookies und Daten außerdem, um Inhalte und Werbung altersgerecht zu gestalten.

Wählen Sie „Weitere Optionen“ aus, um sich zusätzliche Informationen anzusehen, einschließlich Details zum Verwalten Ihrer Datenschutzeinstellungen. Sie können auch jederzeit g.co/privacytools besuchen.

Putra Nabi Nuh as adalah salah saeorang anak dari Nabi Nuh as yang karena menolak beriman, ia bersama orang-orang kafir mendapatkan azab dari Allah swt berupa ditenggelamkan lewat angin badai. Kisah mengenai putra Nabi Nuh as ini diceritakan dalam Alquran pada Surah Hud ayat 40 sampai 47. Terdapat perbedaan pendapat antara mufasir mengenai beberapa bagian detail dari peristiwa tersebut. Mayoritas mufasir berpendapat, ia adalah putra kandung Nabi Nuh as yang kekafirannya tidak diketahui oleh Nabi Nuh as yang karena itu ia mengajak putranya itu untuk ikut menaiki bahtera agar selamat.

mengajak putranya menaiki bahtera dalam Kitab Majma' al-Tawarikh abad 9 H

Ketidaktahuan Nabi Nuh as atas Kekufuran Putranya

Banyak dari kalangan mufasir berpendapat bahwa Nabi Nuh as tidak mengetahui sebelumnya mengenai kekufuran putranya sehingga ketika melihat putranya itu, ia mengajaknya untuk ikut naik ke atas bahtera. [8] Karena jika Nabi Nuh as telah mengetahui bahwa putranya itu kufur, maka tentu ia tidak akan mengajak putranya tersebut. Nabi Nuh as sebelumnya telah mengecam kekufuran dan menghendaki dari Allah swt agar tidak menyisakan orang-orang kafir hidup di muka bumi dan tentu mengkhususkan doanya tersebut tidak tertimpa untuk anaknya karena hubungan kekeluargaan adalah sesuatu yang tidak dapat diterima akan dilakukan oleh Nabi Nuh as. [9]

Sebagian dari mufasir dengan melihat cara Nabi Nuh as berdialog dengan putranya sebagaimana yang diriwayatkan dalam Alquran menunjukkan Nabi Nuh as tidak mengetahui mengenai kekufuran putranya tersebut. Jika Nabi Nuh as mengetahui sebelumnya bahwa putranya itu kufur, ia tidak akan berkata, "Janganlah engkau bersama orang-orang kafir", [10] melainkan akan berkata, "Janganlah engkau termasuk golongan orang-orang kafir." Karena pada kalimat pertama sebagaimana yang tertulis dalam Alquran menunjukkan arti bersama-sama akan mendapatkan bala dan bencana karena berada pada tempat yang sama, tidak menunjukkan bahwa putranya itu juga termasuk orang-orang kafir, dengan kalimat permintaan dari Nabi Nuh as tersebut menunjukkan bahwa ia tidak mengetahui kekufuran anaknya sehingga ia menyarankan agar putranya tersebut tidak bersama-sama dengan orang-orang kafir. [11]

Allamah Thabathabai berkeyakinan dari lahiriyah ayat menunjukkan bahwa Allah swt telah berjanji pada Nabi Nuh as akan menyelamatkan dia bersama keluarganya dari |badai topan, namun dikarenakan Nabi Nuh as tidak mengetahui kekufuran putranya, ia sebagaimana diceritakan dalam Surah Hud ayat 45 menagih janji tersebut kepada Allah swt. [12]

Syubhat mengenai Putra Nabi Nuh as

Pada ayat 46 dalam surah Hud disebutkan, "Wahai Nuh, ia bukan dari keluargamu" menimbulkan polemik dan perbedaan pendapat di kalangan mufasir mengenai status Kan'an. Sebagian dengan bersandar pada ayat ini dan juga ayat lainnya seperti ayat 10 Surah Al-Tahrim yang menyebutkan istri Nabi Nuh as sebagai contoh istri yang berkhianat. Mereka berpendapat bahwa anak yang ditenggelamkan tersebut bukan anak kandung Nabi Nuh as melainkan anak haram dari istrinya. [4] Sementara banyak mufasir lain dari kalangan Ahlusunah dan Syiah dengan bersandar pada riwayat yang ada, berpendapat tafsir ayat 45 dan 46 pada Surah Hud tidak membenarkan pandangan tersebut, dan berkeyakinan kata "فخانتاهما" (lalu kedua istri itu berkhianat pada kedua suaminya) dalam Alquran tidak menunjukkan bahwa istri Nabi Nuh as pelaku zina sehingga tidak bisa dikatakan bahwa ia memiliki anak haram. [5]

Allamah Thabathabai berpendapat bahwa yang tengelam dalam lautan badai adalah putra kandung dan sah Nabi Nuh as. Ia bersandar pada bentuk panggilan sebagaimana yang diceritakan dalam Surah Hud ayat 42, "Wahai anakku, naiklah (ke kapal) bersama kami", jenis panggilan tersebut adalah panggilan kasih sayang yang hendak menunjukkan bahwa ia mencintai dan menginginkan kebaikan bagi putranya tersebut. [6] Pendapat bahwa Kan'an adalah putra kandung Nabi Nuh as juga disebutkan dalam Tafsir al-Amtsal (Tafsir Nemuneh), Majma' al-Bayan dan Tafsir Thabari sehingga diakui sebagai pendapat yang paling kuat. [7]

Konflik Siti Sarah dan Siti Hajar

Sumber-sumber penelitian Jerald F. Dirks cukup kredibel untuk mengungkap alasan kenapa terjadi konflik keluarga antara Siti Sarah dengan Siti Hajar. Meskipun Siti Sarah yang menyarankan kepada Nabi Ibrahim untuk menikahi Siti Hajar—dengan tujuan mendapatkan keturunan darinya—tetapi konsekuensi logis dari tradisi perkawinan poligami adalah ketidakmampuan seorang suami untuk bersikap adil kepada istri-istrinya. Dalam syariat samawi, khususnya agama Islam, menghalalkan perkawinan poligami, tetapi dalam pelaksanaannya justru terasa berat.

Tampaknya, skenario tidak berjalan sebagaimana yang diharapkan sebelumnya. Perkawinan Ibrahim dengan Hajar bukannya menambah keharmonisan, tetapi membuat rumah tangga Nabi Ibrahim dan Siti Sarah di ambang keretakan. Konon, karena dilandasi atas rasa cemburu, Sarah mengusir Hajar dari tempat tinggal mereka bertiga.

Rumah tangga Ibrahim betul-betul di ambang keretakan. Sarah, istri pertama Ibrahim yang sangat setia menemani selama perjuangannya, tidak dapat menahan cemburu. Tetapi, pada akhirnya, Sarah sadar akan sikapnya terhadap Hajar. Dia pun berusaha memperbaiki sikapnya terhadap budak perempuannya itu.

Hingga pada suatu ketika, Siti Hajar hamil. Kondisi inilah yang kemudian memicu kembali kecemburuan Sarah. Apalagi, usia Sarah makin uzur. Ditambah lagi dia tidak dikaruniai anak. Sewaktu Hajar melahirkan putranya, Ismail, justru Sarah mengusirnya. Untuk menjaga keutuhan rumah tangga Nabi Ibrahim yang telah dibangun selama bertahun-tahun dengan Sarah, akhirnya Hajar dibawa pergi menjauh dari Hebron. Siti Sarah sendiri akhirnya diliputi rasa cemburu karena Nabi Ibrahim dinilai terlalu berat sebelah dalam mencurahkan kasih sayang kepada Hajar, apalagi istri keduanya ini telah memberikan seorang anak yang lucu (Nurcholish Madjid, 2002: 57).

Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail

Nabi Ibrahim meninggalkan Hajar, istri keduanya, dan Ismail, putra satu-satunya, di sebuah kawasan tandus di lembah Bakkah (Makkah). Pasca percekcokan antara Sarah dan Hajar yang disebabkan oleh rasa cemburu yang meluap-luap, akhirnya Ibrahim memutuskan untuk membawa Hajar dan Ismail ke suatu tempat yang jauh. Dari Hebron (Palestina), Ibrahim mengajak Hajar bersama Ismail berjalan ke arah tenggara, melewati padang tandus dan semi tandus menempuh Rute Wewangian (Incense Route)—jalur purba yang biasa digunakan oleh para kafilah dagang (Jerald F. Dirks, 2006: 127).

Di lembah Bakkah, Nabi Ibrahim yang diliputi perasaan emosional, antara takut dan cemas bercampur aduk manakala dia dihadapkan pada keputusan harus meninggalkan Ismail yang masih kecil, seraya berdoa, “Ya Tuhan kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati, ya Tuhan kami (yang demikian itu) agar mereka mendirikan shalat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan beri rizkilah mereka dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur” (QS Ibrahim: 37).

Sekitar 11 tahun kemudian, lembah Bakkah sudah berubah menjadi pemukiman penduduk yang ramai. Kedatangan kaum Yorhamit (Bani Jurhum) telah meramaikan kawasan ini. Ketika Ibrahim meninggalkan Hajar dan Ismail, kawasan ini masih gersang dan tidak berpenghuni. Setelah Hajar menemukan mata air Zam-zam, kawasan ini banyak didatangi kaum Yorhamit. Mereka adalah bangsa nomaden dari Yaman yang memohon izin kepada Hajar, pemilik mata air Zam-zam, untuk menetap di kawasan ini. Tumbuhlah pemukiman penduduk baru. Mereka mulai bercocok tanam karena mendapat surplus pengairan dari mata air Zam-zam.

Kurang lebih selama 11 tahun Ibrahim telah meninggalkan Siti Hajar dan Ismail di lembah Bakkah. Kerinduan seorang ayah kepada putranya tidak dapat tertahan setelah 11 tahun berpisah. Dalam usia 99 tahun, Nabi Ibrahim memutuskan untuk berkunjung ke Makkah, menemui Ismail, putra satu-satunya, dan Siti Hajar, istri keduanya yang telah memberikan kebahagian tiada tara. Akan tetapi, pertemuan yang mengharukan antara sang ayah dengan putranya tersebut justru dibayang-bayangi kengerian lewat sebuah mimpi. Pada suatu malam, Ibrahim yang baru saja bertemu dengan Ismail, mendapat ujian berat untuk mengurbankan putra satu-satunya. Ismail baru saja berumur sekitar 13 tahun, ketika Ibrahim menyampaikan pesan Tuhan dalam mimpinya. Sang ayah hampir saja tidak percaya mendengar jawaban sang anak yang sangat tunduk pada perintah Tuhan (QS. Ash-Shaffat: 102).

Pesan lewat mimpi yang menyeramkan ini betul-betul menjadi ujian terberat yang harus ditanggung Ibrahim, Hajar, dan Ismail. Tetapi, ketiga hamba Tuhan ini adalah manusia-manusia pilihan yang telah teruji kepatuhan dan ketaatan dalam menjalankan perintah. Bahkan, Iblis pun tidak sanggup menggoda ketiganya.

Dalam buku Sejarah Hidup Muhammad, Muhammad Husain Haikal mengisahkan bahwa Iblis telah menjelma menjadi seorang laki-laki Arab menemui Siti Hajar seraya menghasut, “Tahukah engkau kemana Ibrahim membawa anakmu?” Jawab Hajar, “Ia pergi mencari kayu dari lereng bukit itu!” Iblis menimpali, “Tidak! Ia pergi akan menyembelihnya!” Hajar kembali menjawab, “Ia mendakwakan bahwa Tuhan yang perintahkan itu!” Iblis pun kalah, tak mampu mempengaruhi keteguhan hati Hajar.

Iblis masih terus berusaha menggagalkan rencana pengurbanan Ismail. Kepada Ismail, Iblis menjelma sebagai seorang laki-laki Arab dan menanyakan pertanyaan-pertanyaan yang pernah disampaikan kepada Hajar. Namun, pertanyaan-pertanyaan hasutan dari Iblis dijawab oleh Ismail sama seperti jawaban ibunya. Begitu juga kepada Ibrahim, dalam perjalanan menuju bukit Mina, Iblis berusaha menggagalkan rencana pengurbanan tersebut. Tetapi, Ibrahim justru malah mengabaikannya, bahkan ia melaknatinya.

Indeks  /  Kisah  /  Nabi dan Rasul  /  Nabi Ishak as.  /  Ishaq adalah putra Nabi Ibrahim as.

Perang Narasi Historis

Narasi historis kehidupan Nabi Ibrahim bersama Siti Sarah dan Siti Hajar yang kemudian melahirkan putra pertama, Ismail, memang berbeda antara keyakinan bangsa Yahudi dengan umat Islam. Berdasarkan sumber Muhammad Husain Haekal, dalam buku Sejarah Hidup Muhammad, para rahib di kalangan kaum Yahudi bersikukuh bahwa putra Nabi Ibrahim yang pertama bukan Ismail, tetapi Ishaq. Dalam keyakinan kaum Yahudi, putra Nabi Ibrahim yang dikurbankan adalah Ishaq, dari istrinya yang bernama Siti Sarah.

Sebagai konsekuensi dari keyakinan atas narasi historis tersebut, menurut keyakinan kaum Yahudi, maka peristiwa penyembelihan bukan terjadi di Mina—sebuah kawasan perbukitan yang terletak 6 mil di sebelah timur kota Makkah, tetapi sayang sumber-sumber biblikal tidak menyebut secara eksplisit tempat kejadian tersebut. Jika benar yang dikurbankan adalah Ishaq putra Siti Sarah, maka besar kemungkinan kejadian tersebut di Hebron (Palestina).

Apa yang membuat para rahib Yahudi yakin bahwa sosok Ishaq yang dikurbankan, bukan Ismail sebagaimana keyakinan umat Islam, tidak lebih dari gaya sikap dan perilaku Nabi Ibrahim yang konon lebih dekat secara emosional dengan Ishaq. Setidak-tidaknya, inilah alasan yang menurut keterangan Ahmad Syalabi dalam buku Sejarah Yahudi dan Zionisme (2006), sebagai dasar penetapan keyakinan mereka atas peristiwa pengurbanan sakral tersebut. Sederhananya, Nabi Ibrahim jauh lebih menyayangi Ishaq ketimbang Ismail.

Baik Muhammad Husain Haekal maupun Ahmad Syalabi telah membantah data dan argumen historis peristiwa penyembelihan sakral tersebut. Penelitian terbaru tentang biografi Nabi Ibrahim dilakukan oleh Jerald F. Dirks yang diterbitkan dengan judul, Ibrahim Sang Sahabat Tuhan (2006), juga menguatkan sanggahan atas data dan argumen historis para rahib Yahudi.

Apa yang menarik dan mungkin luput dari kajian dan analisis para sejarawan adalah tentang situasi kehidupan rumah tangga Nabi Ibrahim, Siti Sarah, dan Siti Hajar selama di Hebron—tepatnya ketika Siti Hajar mengandung putra Nabi Ibrahim yang kelak diberi nama Ismail. Usia Sarah pada waktu itu sudah uzur yang dinilai sulit untuk memiliki anak. Padahal, pasangan Nabi Ibrahim dan Siti Sarah telah lama mengharapkan kehadiran anak dalam keluarga mereka. Ketika kehadiran anak pertama dalam keluarga justru dari Siti Hajar—hamba sahaya hadiah dari Firaun—bukan dari Siti Sarah, maka gejolak psikologis yang mewarnai pertengkaran hebat antara mereka tidak dapat dipungkiri lagi.

Ishaq adalah putra Nabi Ibrahim as.

6 : 84 | 11 : 71 | 19 : 49 | 21 : 72 | 29 : 27

QS. Al-'An`am [6] : 84

وَوَهَبْنَا لَهُۥٓ إِسْحَٰقَ وَيَعْقُوبَ ۚ كُلًّا هَدَيْنَا ۚ وَنُوحًا هَدَيْنَا مِن قَبْلُ ۖ وَمِن ذُرِّيَّتِهِۦ دَاوُۥدَ وَسُلَيْمَٰنَ وَأَيُّوبَ وَيُوسُفَ وَمُوسَىٰ وَهَٰرُونَ ۚ وَكَذَٰلِكَ نَجْزِى ٱلْمُحْسِنِينَ

Kementrian AgamaDan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Ya'qub kepadanya. Kepada keduanya masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan kepada Nuh sebelum itu (juga) telah Kami beri petunjuk, dan kepada sebahagian dari keturunannya (Nuh) yaitu Daud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa dan Harun. Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik.

وَٱمْرَأَتُهُۥ قَآئِمَةٌ فَضَحِكَتْ فَبَشَّرْنَٰهَا بِإِسْحَٰقَ وَمِن وَرَآءِ إِسْحَٰقَ يَعْقُوبَ

Kementrian AgamaDan isterinya berdiri (dibalik tirai) lalu dia tersenyum, maka Kami sampaikan kepadanya berita gembira tentang (kelahiran) Ishak dan dari Ishak (akan lahir puteranya) Ya'qub.

فَلَمَّا ٱعْتَزَلَهُمْ وَمَا يَعْبُدُونَ مِن دُونِ ٱللَّهِ وَهَبْنَا لَهُۥٓ إِسْحَٰقَ وَيَعْقُوبَ ۖ وَكُلًّا جَعَلْنَا نَبِيًّا

Kementrian AgamaMaka ketika Ibrahim sudah menjauhkan diri dari mereka dan dari apa yang mereka sembah selain Allah, Kami anugerahkan kepadanya Ishak, dan Ya'qub. Dan masing-masingnya Kami angkat menjadi nabi.

QS. Al-'Anbya' [21] : 72

وَوَهَبْنَا لَهُۥٓ إِسْحَٰقَ وَيَعْقُوبَ نَافِلَةً ۖ وَكُلًّا جَعَلْنَا صَٰلِحِينَ

Kementrian AgamaDan Kami telah memberikan kepada-nya (Ibrahim) lshak dan Ya'qub, sebagai suatu anugerah (daripada Kami). Dan masing-masingnya Kami jadikan orang-orang yang saleh

QS. Al-`Ankabut [29] : 27

وَوَهَبْنَا لَهُۥٓ إِسْحَٰقَ وَيَعْقُوبَ وَجَعَلْنَا فِى ذُرِّيَّتِهِ ٱلنُّبُوَّةَ وَٱلْكِتَٰبَ وَءَاتَيْنَٰهُ أَجْرَهُۥ فِى ٱلدُّنْيَا ۖ وَإِنَّهُۥ فِى ٱلْءَاخِرَةِ لَمِنَ ٱلصَّٰلِحِينَ

Kementrian AgamaDan Kami anugrahkan kepda Ibrahim, Ishak dan Ya'qub, dan Kami jadikan kenabian dan Al Kitab pada keturunannya, dan Kami berikan kepadanya balasannya di dunia; dan sesungguhnya dia di akhirat, benar-benar termasuk orang-orang yang saleh.

Dalam keyakinan kaum Yahudi, putra Ibrahim yang dikurbankan adalah Ishaq. Dan peristiwa penyembelihan terjadi di Palestina. Ini jelas berbeda dengan keyakinan umat Islam karena putra Nabi Ibrahim yang dikurbankan adalah Ismail dan peristiwa penyembelihan terjadi di bukit Mina. Jika perang narasi historis ini sekedar propaganda politik di sosial media, tentu para netizen dari kalangan muslim akan mudah meng-counter-nya. Tetapi perang narasi historis ini bersumber dari kitab suci yang berbeda sehingga kontennya diyakini sebagai kebenaran suci pula.